Jum'at, 26 April 2024
Rauhanda Riyantama : Senin, 17 September 2018 | 21:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Jika berbicara soal olahraga, acap kali muncul berbagai mitos tentang efek samping dari olahraga tersebut. Misalnya minum air dingin setelah olahraga tidak baik untuk kesehatan, namun nyatanya tidak berdampak apapun selama mengonsumsinya dalam batas normal.

Selain itu, masih banyak mitos tentang dampak olahraga yang masih berkembang di kalangan masyarakat. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut ini. 

1. Sit up = perut rata

Argumen ini tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Pengaruh langsung dari sit up adalah membentuk otot menjadi lebih kuat. Namun, hanya lemak di bagian bawah kulit perut yang terbakar. Padahal lemak lebih banyak terkumpul di area usus dan di dalamnya.

2. Tubuh panas = lemak terbakar

Ini sepenuhnya mitos. Faktanya, proses pembakaran lemak baru mulai terjadi usai kita berolahraga. Pembakaran lemak itu pun tergantung bagaimana perlakuan seseorang pada tubuhnya setelah olahraga, seperti tidak langsung makan setelah olahraga.

3. Berhenti olahraga = otot jadi lemak

Mitos. Karena otot dan lemak merupakan dua hal yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda pula. Ketika sudah tidak berolahraga, otomatis otot yang sebelumnya kencang akan kendur kembali, bukan berubah menjadi lemak.

4. No pain = no gain

Mitos ini harus segera ditepis, sebab terlalu memaksakan diri itu tidak baik. Justru, olahraga tidak boleh menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit itu adalah isyarat untuk segera berhenti olahraga.

5. Banyak keringat = banyak kalori terbuang

Faktanya, keringat dan jumlah kalori yang terbakar atau penurunan berat badan tidak ada kaitannya. Sebab, keringat merupakan bentuk dari reaksi tubuh untuk mendinginkan diri atau membuang cairan yang tidak diperlukan tubuh.Tiap orang pun memiliki kadar keringat yang berbeda-beda, ada yang sangat mudah berkeringat, ada yang sulit.

Itulah sederet mitos tentang dampak yang ditumbulkan olahraga yang patut dicermati. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Mitos Olahraga Ini Nggak Perlu Kamu Percayai Lagi

BACA SELANJUTNYA

3 Manfaat Pilates, Olahraga yang Rutin Dilakukan Bunga Citra Lestari