Jum'at, 29 Maret 2024
Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C : Jum'at, 07 September 2018 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba atau tak disengaja yang dipicu oleh konstraksi pada diafragma. Biasanya terjadi secara berulang setiap menitnya.

Cegukan yang sangat khas dengan suara ''hik'' ini wajar terjadi pada setiap orang. Bayi, anak-anak, remaja, hingga orang tua pasti pernah mengalaminya.

Apakah kamu pernah mengalami ketika cegukan terjadi, namun tidak ada minum di sekitar kamu? Jangan khawatir lagi. Berikut cara menghilangkan cegukan tanpa minum air.

1. Tahan nafas

Ilustrasi tahan nafas. (ThePinsta)

Tahan nafas selama 10 hingga 30 detik kemudian hembuskan nafas secara perlahan ampuh mengatasi cegukan. Cara ini juga dapat membuat otak semakin rileks.

2. Duduk dengan menekuk lutut

Ilustrasi meringkuk. (masterfile)

Cegukan juga bisa hilang menggunakan cara ini. Peluk lutut sambil mencondongkan tubuh ke depan seperti meringkuk kemudian tahan posisi ini kira-kira selama satu sampai dua menit.

3. Bernafas dalam kantong kertas

Ilustrasi dengan kantong kertas. (scienceabc)

Siapkan kantong kertas kosong, tempelkan bagian leher kantong di mulut dan hidung. Ambil nafas dan hembuskan perlahan di dalam kantong kertas. Jika tidak ada kantong kertas, kamu bisa gunakan masker.

Dari ketiga cara di atas paling mudah adalah cara pertama, kamu bisa lakukan di manapun dan kapanpun ketika cegukan.

BACA SELANJUTNYA

Cegukan Tanpa Henti Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung, Ini Sebabnya!