Senin, 29 April 2024
Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere : Kamis, 06 September 2018 | 17:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Batu ginjal merupakan sebuah kondisi terbentuknya material keras yang menyerupai batu di ginjal. Ini terbentuk jika seseorang tidak mengonsumsi cukup cairan.

Batu ginjal juga bisa terbentuk karena banyaknya kandungan limbah padat di saluran kemih. Kondisi ini jika tidak segera ditangani, maka dapat membuat ukuran batu makin lama makin membesar.

Untuk mencegah hal tersebut, HiMedik menemukan cara mencegah batu ginjal, dilansir dari medicalnewstoday.

1. Hindari minuman dengan kadar gula yang tinggi

Batu ginjal bisa terbentuk karena kamu sering mengonsumsi minuman dengan kadar gula tinggi. Misalnya, terlalu sering konsumsi minuman bersoda yang banyak mengandung fruktosa.

2. Terhidrasi

Satu kunci untuk mencegah batu ginjal adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Urin yang pekat adalah tanda kamu kekurangan cairan. Selain itu, minuman berkafein juga berisiko meningkatkan batu ginjal.

Cegah batu ginjal. (coastal-mirror.com)

3. Batasi konsumsi makanan tinggi asam

Urin yang sangat asam memiliki risiko lebih besar terkena batu ginjal. Beberapa makanan tinggi asam misalnya daging merah, unggas, kebanyakan keju dan telur.

4. Batasi asupan garam

Natrium atau garam dapat menyebabkan retensi air dan dehidrasi. Orang dewasa harus menjaga asupan garam di bawah 2300 mg setiap hari atau setara dengan satu sendok teh garam meja.

5. Batasi makanan dengan kalsium oksalat

Studi tahun 2014 menemukan 67 persen batu ginjal terdiri dari kalsium oksalat. Makanan yang kaya kalsium oksalat adalah jeruk bali dan jus cranberry, kentang, kedelai, bayam, kacang mete dan tanah, cokelat, asparagus, seledri dan teh.

Segera batasi konsumsi beberapa pangan di atas demi mencegah batu ginjal.

BACA SELANJUTNYA

Batu Ginjal Banyak Terjadi, Ketahui Kapan Harus Dapat Intervensi Medis!