Senin, 29 April 2024
Rauhanda Riyantama : Senin, 03 September 2018 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Bagi penderita maag, pasti akan sangat kesakitan jika penyakit tersebut kambuh. Perut terasa perih seakan ada sesuatu yang melilit di dalamnya.   

Biasanya, sakit maag terjadi karena kadar asam lambung tinggi sehingga menyebabkan peradangan. Sering kali dipicu oleh pola makan yang tidak teratur dan makanan yang dikonsumsi terlalu pedas.

Apabila sudah terkena maag, seyogyanya mulai menjaga pola makan dan memperhatikan segala sesuatu yang dimakan. Dirangkum Himedik dari berbagai sumber, berikut makanan yang sebaiknya dihindari saat terkena maag.

1. Makanan berlemak tinggi

Makanan berlemak sebenarnya tidak menyebabkan maag. Namun, makanan berlemak bisa memperparah peradangan di lambung yang sedang terkena maag. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Untuk memenuhi kebutuhan lemak, pilihlah lemak sehat yang mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated fat). Lemak sehat seperti ini bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain itu, bijaklah memilih untuk mengkonsumsi lemak pada ikan dibandingkan pada jenis daging lain.

2. Makanan pedas

Meskipun makanan pedas bukanlah penyebab maag, makanan seperti ini dapat menyebabkan rasa sakit saat maag bertambah. Menurut LiveStrong, makanan pedas berpotensi membuat lambung iritasi sehingga menambah sakit di perut.

Oleh karena itu, makanan seperti cabai, sambal, dan rempah-rempah yang memiliki rasa kuat sebaiknya dihindari selama sakit maag.

3. Produk susu

Produk susu. (agrimaroc.ma)

Dilansir BBC, produk dari susu adalah salah satu makanan yang sebaiknya dihindari saat menderita penyakit maag. Sebuah studi pada 1976 menunjukkan bahwa mengkonsumsi susu rendah kalsium membuat produksi asam di lambung berkurang.

Hal ini menunjukkan adanya kemungkinan bahwa kalsium yang biasanya banyak terkandung dalam susu berperan dalam menyebabkan maag.

Selain tinggi kalsium, susu juga mengandung protein kasein yang dapat menstimulasi hormon gastrin yang dapat memicu sekresi asam lambung.

4. Alkohol

Orang yang minum terlalu banyak alkohol akan lebih mudah terkena maag. Menurut Recovery Ranch, hal ini dikarenakan alkohol dapat menyebabkan penipisan pada mukosa lambung.

Jadi, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol akan menyebabkan iritasi dan peradangan pada lambung. Selain rasa sakit di perut, maag karena alkohol dapat menyebabkan penderitanya diare, muntah-muntah, kehilangan nafsu makan, dan makanan jadi terasa aneh di lidah.

5. Kopi

Kopi mengandung asam dan kafein yang bisa membuat mukosa lambung mengalami iritasi sehingga membuat infeksi dan peradangan mudah terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kopi untuk sementara saat sakit maag sedang kambuh.

Itulah lima jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat terkena maag. Semoga bermanfaat!

BACA SELANJUTNYA

Makanan Pedas Ternyata Punya 3 Manfaat Ini, Apa Saja?