Sabtu, 20 April 2024
Rauhanda Riyantama : Kamis, 30 Agustus 2018 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Hidup di zaman yang serba canggih seperti saat ini, tidak menutup kemungkinan aktivitas seseorang semakin berkurang. Bagaimana tidak, untuk makan dan pergi ke suatu tempat saja sudah tinggal pesan lewat aplikasi online. 

Selain itu, pola makan sehat juga sering diabaikan oleh generasi milenial saat ini. Terlebih bagi mereka yang berusia antara 20-30 tahun yang lebih memilih makanan cepat saji atau instan

Padahal, pola hidup seperti itu jika dilakukan terus menerus dapat berisiko pada kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, Himedik merangkum beberapa penyakit yang harus diwaspadai di rentan umur 20-30 tahun.

1. Kolesterol

Penyakit ini salah satunya terjadi karena pola makan yang serba instan. Untuk yang sering makan makanan cepat saji, sebaiknya dikurangi mulai sekarang. Karena makanan cepat saji itu rendah nutrisi dan berkalori tinggi.

Untuk mengimbanginya disarankan rajin mengonsumsi sayur. Dan juga perlu periksa ke dokter untuk mengecek angka kolesterol dan tekanan darah. Kolesterol itu mengakibatkan hipertensi, hipertensi memicu stroke atau serangan jantung.

2. Osteoporosis

Salah satu akibat jika tubuh sering dibuat bermalas-malasan adalah terkena osteopororsis. Memang, umumnya risiko ini menyerang orang yang berusia lanjut. Akan tetapi pengeroposan tulang mulai bereaksi makin cepat di usia 30 tahun.

Untuk menghindari risiko pengeroposan dini, mulailah merawat tulang dari sekarang, yaitu dengan olahraga. Lakukan olahraga secara bertahap bagi yang tak biasa rutin.

3. Diabetes

Ilustrasi diabetes. (theconversation.com)

Penyakit diabetes muncul karena banyaknya kadar gula dalam darah. Gula ini diperoleh dari kebanyakan makan karbohidrat dari makanan cepat saji, seperti junk food dan mie instan.

Selain itu, diabetes juga disebabkan karena jam tidur tidak teratur dan kurang berolahraga. Kalau memang harus pulang malam, sesampainya di rumah langsung mandi dan tidur secukupnya.

4. Kanker

Penyebab timbulnya kanker adalah gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya merokok, minum alkohol, makan junk food, dan kurang olahraga.

Jika sudah terlanjur merokok atau minul alkohol, segera periksa ke dokter untuk mengetahui apakah ada kanker atau tidak. Khusus perempuan, periksakan juga rahimnya. 

5. Depresi

Banyak yang beranggapan bahwa usia mudah bisa melakukan segala aktivitas dan pekerjaan dalam satu waktu. Akibatnya waktu akan habis untuk menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. 

Tanpa disadari aktivitas tersebut menimbulkan tekanan yang berdampak pada depresi. Untuk menghadapinya, coba setiap hari membuat daftar yang berisi tentang hal yang akan dilakukan per harinya.

Dengan membuat daftar tersebut, hidup akan lebih teratur dan bisa lebih fokus. Selain itu, harus rajin mendekatkan diri kepada Tuhan agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan dan membuat hati menjadi lebih tenang.

Itulah beberapa penyakit yang menghantui pada generasi muda jika pola hidup yang dijalankan keliru. Semoga bermanfaat guys!

BACA SELANJUTNYA

Hindari Begadang, Durasi Tidur Malam Berpengaruh pada Risiko Penyakit Jantung