Sabtu, 20 April 2024
Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere : Kamis, 30 Agustus 2018 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Untuk mendapatkan sistem pencernaan yang sehat, kamu sebaiknya mengonsumsi probiotik.

Menurut Jessica Marcus, MS, seorang ahli diet terdaftar di Berkeley, California, probiotik bermanfaat untuk pencernaan, sistem kekebalan yang lebih kuat dan kulit yang lebih sehat.

Dilansir womansday, HiMedik menemukan empat makanan dengan kandungan probiotik yang baik untuk pencernaan.

1. Kimchi

Makanan khas Korea ini difermentasi dengan kubis sebagai bahan dasar, wortel dan lobak. Penelitian menunjukkan makanan yang biasanya difermentasi dengan bakteri asam laktat probiotik dan dibumbui dengan bawang putih, jahe, daun bawang dan bubuk cabai merah, memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri dan anti-penuaan.

2. Cuka sari apel

Cuka apel. (Healthline)

Cuka apel mengandung enzim protein dan probiotik AKA yang ditambahkan selama proses fermentasi dan berpotensi meningkatkan kesehatan usus.

3. Asinan kubis

Ini adalah makanan yang ramah usus. Bakteri Lactobacillus dalam jumlah tinggi yang ditemukan dalam makanan ini berguna bagi usus, yang dapat melawan virus tertentu dan mencegah tekanan darah tinggi.

4. Yogurt

Yogurt mengandung kalsium, kalium, vitamin B-12 dan juga dua jenis bakteri yang membantu, Lactobacillus dan Streptococcus thermophilus. Ini bisa memperbaiki gangguan usus dan mendukung kesehatan usus besar.

BACA SELANJUTNYA

Jangan Asal, Minum Suplemen Ini Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Paru-paru