Selasa, 30 April 2024
Rauhanda Riyantama : Rabu, 29 Agustus 2018 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Garam merupakan bumbu dapur yang tidak bisa lepas dari masyarakat Indonesia. Namun, siapa sangka jika bumbu dapur satu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kulit.

Garam terbuat dari air laut yang diolah hingga menjadi butiran-butiran kristal. Kandungan garam antara lain natrium, kalium, kalsium, zat besi, dan magnesium. 

Berbagai kandungan mineral tersebut memberikan manfaat yang baik jika diaplikasikan pada kulit. Di samping karena harganya murah, garam juga mudah ditemukan.

Dirangkum Himedik dari berbagai sumber, berikut kegunaan garam untuk kulit.

1. Detoks

Mendetoks kulit dengan garam bisa dilakukan dengan cara melarutkan dalam bak mandi. Mandi garam selama 10 menit dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

2. Scrub

Scrub. (thinkstock)

Garam dipercaya dapat mengaluskan kulit. Jika mempunyai kulit kering, cara ini sangat cocok untuk perawatan.

Caranya campurkan garam dengan minyak wijen atau minyak esensial, setelah itu lumurkan pada tubuh seperti melakukan scrub pada umumnya.

3. Masker wajah

Masker garam dapat mengurangi peradangan kulit, menyeimbangkan kadar minyak, dan mempercepat penyembuhan jerawat. Larutkan garam dengan air hangat, tambahkan madu, lalu oleskan pada wajah dan diamkan 15 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Deodoran

Garam juga dapat membunuh bakteri penyebab bau, maka dari itu garam sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau badan.

5. Facial

Garam biasanya digunakan untuk facial di salon-salon umum. Karena garam dipercaya ampuh menghilangkan bakteri dan menutupi pori-pori.

BACA SELANJUTNYA

Kurangi Asupan Garam Harian Anda, Dampaknya Sangat Besar untuk Tubuh