Sabtu, 20 April 2024
Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere : Rabu, 29 Agustus 2018 | 15:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Makanan yang tak habis kamu santap semalam, biasanya kamu panaskan lagi keesokan harinya karena dinilai masih baik.

Bisa dibilang tindakan ini kerap kali dilakukan oleh sebagian besar wanita yang sudah berkeluarga. Selain jumlah yang masih lumayan banyak, rasanya juga sayang jika makanan tersebut dibuang.

Padahal, memanaskan ulang makanan bisa berbahaya bagi kesehatan, terlebih 8 makanan ini. Melansir dari womansday, HiMedik menemukan 8 makanan yang tak boleh kamu panaskan lagi.

1. Seledri, bayam dan bit

Panas dapat menyebabkan nitrat dari sayuran ini menjadi beracun. Ketiga jenis sayuran ini juga bisa melepaskan sifat karsinogenik ketika dipanaskan untuk kedua kalinya.

Karsinogenik merupakan sifat mengendap dan merusak terutama pada organ paru-paru karena zat yang juga terdapat pada rokok.

2. Jamur

Jamur. (pexels)

Secara umum, jamur harus dimakan dan dihabiskan setelah dihidangkan. Protein dapat rusak jika kamu memanaskan ulang dan ini tentu tak baik untuk perut.

3. Telur

Pemanasan ulang makanan kaya protein ini tentu bisa menjadi racun dan dapat merusak sistem pencernaanmu.

4. Kentang

Kentang. (unsplash)

Jika kentang dibiarkan dalam suhu kamar, maka akan meningkatkan pertumbuhan botulism yang merupakan bakteri langka.

Bakteri ini tak dapat dibunuh di microwave. Jadi jalan amannya adalah letakkan dalam kulkas dan hindari pemanasan lagi.

5. Nasi

Menurut Food Standards Agency, ''Nasi yang belum dimasak dapat mengandung spora bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Ketika nasi matang, spora dapat bertahan hidup. Kemudian, jika nasi dibiarkan pada suhu kamar, spora akan berkembang biak dan dapat menghasilkan racun yang menyebabkan muntah atau diare. Memanaskan kembali nasi tidak akan menghilangkan racun ini.''

6. Ayam

Ayam yang sudah dingin dan dipanaskan lagi akan menyebabkan masalah pencernaan. Namun jika kamu benar-benar ingin memanaskan lagi, pastikan bahwa bagian dalam ayam harus panas.

Delapan makanan di atas sebaiknya jangan kamu panaskan lagi. Akan lebih baik jika langsung dihabiskan setelah dihidangkan.

BACA SELANJUTNYA

Perut Anda Terasa Kembung? Mungkin Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Ini