Senin, 29 April 2024
Stephanus Aranditio | Krishnayanti C : Sabtu, 25 Agustus 2018 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Menggosok gigi adalah hal utama untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Dengan gosok gigi dua kali sehari, gigi dan mulut kamu akan bersih dan sehat.

Namun, ternyata ada beberapa kesalahan menggosok gigi yang sering dilakukan banyak orang. Apa aja sih? Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan.

1. Menggosok terlalu keras

Menggosok gigi terlalu keras dapat membuat jaringan gusi stres dan longgar yang pada akhirnya akan memperlihatkan akar gigi. Akar gigi juga lebih rentan terhadap pembentukan lubang. Padahal, bagian ini sangat sensitif terhadap panas dan dingin.

Jika menggosoknya terlalu keras maka akan menyebabkan gigi berlubang dan sensitif saat terkena makanan atau minuman panas dan dingin.

2. Menggosok dengan terburu-buru

Menggosok gigi yang baik dan benar harus dilakukan selama dua menit. Tetapi, banyak orang melakukannya dengan cepat, bahkan di bawah satu menit, dan hal ini salah.

Pakar kesehatan menyarankan agar membagi mulut menjadi empat bagian dan habiskan 30 detik untuk menggosok setiap bagiannya.

3. Menyikat gigi setelah makan

Langsung menyikat gigi setelah makan atau minum adalah kebiasaan yang kurang baik. Tunggulah setidaknya 30 menit untuk menggosok gigi setelah makan.

Penelitian menunjukkan bahwa menggosok gigi usai mengonsumsi makanan dan minuman dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan gigi.

Makanan yang mengandung asam sitrat, seperti jeruk, anggur, dan lemon dapat melemahkan enamel gigi.

Zat asam menyerang gigi dengan mengikis enamel dan lapisan di bawahnya, yang disebut dentin. Dengan menggosoknya, maka akan mempercepat proses pengikisan.

4. Menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi

Menggunakan obat kumur yang mengandung fluorida dapat membantu mencegah kerusakan gigi. Namun, jika digunakan usai menggosok gigi dapat menghilangkan kandungan fluorida pada pasta gigi. Untuk itu, berilah jeda antara menggosok gigi dengan menggunakan obat kumur.

Sebaiknya, ubahlah kebiasaan yang salah dalam kamu menggosok gigi agar gigi tetap terjaga kesehatannya.

BACA SELANJUTNYA

Gigi Berlubang Tak Boleh Disepelekan, Dokter Ingatkan Hal Ini