Jum'at, 26 April 2024
Rauhanda Riyantama : Rabu, 22 Agustus 2018 | 16:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Hari raya Idhul Adha identik dengan hewan kurban. Tak tanggung-tanggung, biasanya satu orang bisa mendapatkan daging yang cukup melimpah. Saking banyaknya, terkadang daging tersebut menjadi tak terurus dengan baik. 

Agar daging tetap terjaga kualitas dan nutrisinya, daging perlu disimpan dengan baik dan benar. Dikutip dari laman Halal Centre Fakultas Pertanian UGM, berikut tips menyimpan daging kurban.

1. Daging jangan dicuci

Sebelum disimpan daging jangan dicuci. Jika dicuci pakai air kran, kuman dapat masuk dan tinggal di pori-pori daging. Hal ini dapat merusak kualitas daging, mencuci daging disarankan ketika akan dimasak.

2. Jangan simpan daging dalam ukuran besar

Jika mendapat banyak daging, jangan menyimpan daging utuh 2-4 kg di dalam freezer. Cara yang benar adalah dengan memotong daging menjadi ukuran lebih kecil, lalu simpan dalam plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. 

Jika mau masak, ambil satu kantong kecil dan biarkan yang lain tetap beku dalam freezer. Daging dalam keadaan beku bisa bertahan hingga satu tahun.

3. Simpan daging di kulkas sejuk

Sebelum disimpan dalam freezer, seyogyanya simpan daging terlebih dahulu di dalam kulkan yang sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin baru dimasukkan ke dalam freezer.

4. Rendam daging dalam suhu normal sebelum dimasak

Jika akan memasak daging beku, jangan dicairkan menggunakan air panas. Cara yang benar adalah dengan meletakkan daging beku di dalam air bersuhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat oleh plastik). Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak. 

BACA SELANJUTNYA

Takut Makan Daging Kurban Karena Kolesterol Tinggi, Ini Kata Ahli!