Jum'at, 19 April 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Jum'at, 17 Agustus 2018 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Sebagian besar orang merasa kesulitan untuk bangun pagi. Rasa kantuk yang sulit lepas membuat aktivitas di pagi hari menjadi kegiatan yang menyebalkan.

Terlepas dari hal itu, ada hal-hal sederhana yang sebaiknya rutin kamu lakukan setelah bangun tidur di pagi hari. Apa sajakah itu?

1. Minum air putih

Tahukah kamu bahwa 70 persen dari bagian tubuh adalah air? Itulah mengapa 5 persen saja tubuh kekurangan cairan, kamu akan merasakan haus. Setiap harinya, pria dewasa dengan aktivitas normal membutuhkan minimal 2,5 hingga 2,6 liter air putih sedangkan wanita 2,3 liter.

ilustrasi minum air putih (INLIFE Healthcare)

Nah, ketika kamu bangun tentu merasakan haus bukan? Itulah mengapa kamu harus minum air putih. Selain itu, minum air putih dalam keadaan perut kosong juga membantu untuk membersihkan usus.

Tak hanya itu, kecepatan metabolisme tubuh juga akan meningkat hingga 24 persen. Dengan begitu kinerja sistem pencernaan termasuk buang air besar juga menjadi lancar.

2. Olahraga

Olahraga yang kamu lakukan tidak perlu yang berat kok. Tapi, jika kamu terbiasa olahraga pagi seperti jogging tentu saja malah lebih baik. Mengapa harus di pagi hari?

ilustrasi olahraga (iolad)

Udara di pagi hari sangat segar dan masih minim polusi. Tidak hanya itu, pagi hari adalah waktu otak melepaskan hormon endorfin. Tentu saja ini akan membuatmu menjadi bahagia, karena itulah peran dari hormon endorfin yaitu membuat perasaan menjadi bahagia.

Tidak hanya itu, olahraga di pagi hari juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Sebagai saran, berolahragalah sebelum kamu sarapan. Tindakan tersebut ternyata mampu membakar timbunan lemak 20 persen lebih banyak lho!

Nah, selama ini kamu sudah melakukan dua langkah sederhana di atas belum? Meskipun sederhana, tapi manfaatnya banyak lho!

BACA SELANJUTNYA

3 Manfaat Pilates, Olahraga yang Rutin Dilakukan Bunga Citra Lestari