Senin, 29 April 2024
Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere : Selasa, 14 Agustus 2018 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Ketika kamu mengambil keputusan untuk diet, kamu pasti sudah berpikir berbagai jenis makanan yang akan kamu makan untuk mendukung programmu. Sederet list makanan mungkin telah terlintas di benakmu.

Tapi tahukah kamu, sebuah pernyataan ilmiah baru mengatakan bahwa hal itu mungkin bukan saran yang baik. Pernyataan ini ditulis dalam penelitian "Dietary Diversity: Implications for Obesity Prevention in Adult Populations".

Para penulis laporan melakukan tinjauan literatur ilmiah menyeluruh atas artikel yang diterbitkan selama hampir dua dekade yaitu antara Januari 2000 dan Desember 2017.

Rekomendasi untuk mengonsumsi berbagai makanan telah ada sejak awal abad ke-20 untuk membantu mengatasi kekurangan gizi, tulis mereka. Namun ada bukti baru yang berbicara terkait ini.

"Makan makanan yang lebih beragam mungkin terkait dengan makan lebih banyak variasi makanan sehat dan tidak sehat," kata penulis utama Marcia C. de Oliveira Otto.

Ia menambahkan bahwa penggabungan pola makan seperti itu dapat menyebabkan peningkatan konsumsi makanan dan obesitas.

Camilan. (unsplash)

Temuan ini juga menemukan tak ada bukti bahwa keanekaragaman makanan dapat meningkatkan berat badan yang sehat atau sesuai yang kamu mau.

Menurut penulis penelitian ini, lebih baik kamu prioritaskan makanan bergizi, makanan nabati dan membatasi daging merah, permen dan minuman manis.

Diet yang baik adalah diet yang mengandung buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, susu rendah lemak, minyak nabati non tropis, kacang-kacangan, unggas serta ikan.

Memilih makanan sehat sangat membantu dalam mempertahankan berat badan, daripada kamu memilih makanan seperti donat, keripik, kentang goreng, burger, bahkan dalam jumlah yang sedang sekalipun.

Penelitian ini telah diterbitkan dalam American Heart Association (AHA) jurnal Circulation pada 9 Agustus.

BACA SELANJUTNYA

Mendadak Ngidam yang Manis-Manis? Begini Cara Mengalihkan Biar Diet Tidak Gagal