Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Krishnayanti C : Jum'at, 10 Agustus 2018 | 20:32 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Insomnia sudah tidak asing lagi bagi kita. Insomnia adalah penyakit susah tidur yang sering dialami orang.

Insomnia adalah hal paling mengganggu apalagi jika keesokan harinya kita memiliki pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga, maka tidur nyenyak di malam hari adalah hal diinginkan.

Ada beberapa faktor penyebab insomnia di antaranya stress atau kecemasan berlebih, salah konsumsi obat, terlalu banyak tidur siang dan lain lain. Banyak orang menggunakan segala cara untuk mengatasi insomnia, salah satunya dengan menggunakan obat tidur.

Hindari mengkonsumsi obat tidur untuk memejamkan mata di malam hari untuk mengatasi insomnia, apalagi tanpa resep dari dokter. Ada cara sederhana untuk kalian yang menderita insomnia.

Insomnia (unsplash)

Metode ini disebut “4-7-8”. Seperti namanya yang sederhana, kita hanya perlu menerapkannya dengan cara yang sederhana pula.

Pertama, kita hanya perlu berbaring pada posisi yang nyaman di tempat tidur kita. Kemudian, tarik nafas melalui hidung selama 4 detik dan tahan hingga 7 detik. Setelah itu, hembuskan nafas secara perlahan dari mulut selama 8 detik.

Ulangi hal tersebut sampai kita dapat tertidur. Kedengarannya memang kurang masuk akal, namun Andrew Weil, dokter medis lulusan Harvard telah menciptakan dan menguji metode ini secara ilmiah.

"Ini adalah metode terbaik yang pernah saya temukan untuk kembali tidur jika kalian terjaga hingga tengah malam," katanya.

Menurut para yogi ritme jantung akan berjalan lambat jika kita juga memperlambat nafas. Selain itu, cara ini juga membuat kita merasa rileks. Mereka juga menyatakan bahwa ini adalah obat penenang alami untuk tubuh dan pikiran manusia.

Percayalah, dengan menerapkan cara ini secara teratur, akan membuat perubahan yang kita inginkan.

BACA SELANJUTNYA

Susah Tidur Malam Karena Overthinking? Cobalah Lakukan Teknik Pernapasan Ini!