Senin, 29 April 2024
Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere : Rabu, 01 Agustus 2018 | 16:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, tentunya berasal dari apa yang masuk ke tubuhmu. Tak hanya itu, kamu juga perlu menambah beberapa olahraga kecil dalam list kesehatanmu.

Kesehatan memang mahal. Banyak orang berlomba-lomba untuk menjaga agar tubuh mereka tetap sehat dengan berbagai cara. Mulai dari mengonsumsi banyak buah dan sayur serta menggunakan berbagai bahan untuk mendapatkan makanan sehat dan bergizi.

Nah, sehubungan dengan itu, kali ini HiMedik ingin berbagi cara lain untuk menjaga kesehatan yaitu melalui minyak yang akan kamu pakai untuk memasak. Gunakan minyak ini agar tubuhmu bisa menyerap segala nutrisi yang terkandung dalam minyak tersebut.

Dilansir dari medicaldaily, berikut lima minyak sehat untuk memasak.

1. Minyak zaitun

Lemak tak jenuh tunggal yang sehat ditemukan dalam minyak zaitun extra-virgin, baik untuk hati dan dapat membantu memperlambat penurunan kognitif. Jadi tak mengherankan bahwa minyak ini adalah salah satu komponen diet Mediterania yang telah dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah.

Virgin Olive Oil. (unsplash)

Tetapi terlepas dari jenisnya, ingatlah untuk menggunakan minyak dalam jumlah sedang karena lemak yang sehat seharusnya tetap tak dikonsumsi berlebihan.

2. Minyak alpukat

Minyak kedua yang bisa kamu gunakan adalah minyak alpukat. Ini dikemas dengan lemak tak jenuh tunggal, asam lemak tak jenuh ganda dan vitamin E.

Satu studi menemukan minyak alpukat dapat meningkatkan penyerapan antioksidan serta risiko sindrom metabolik yang lebih rendah. Namun, kamu harus merogoh kantong yang lebih dalam untuk mendapatkan minyak ini.

3. Minyak kanola

Minyak kanola organik adalah salah satu opsi terbaik yang dapat kamu pertimbangkan ketika ingin memasak. Minyak ini memiliki risiko penyakit radang yang lebih rendah seperti penyakit jantung dan kanker.

Tingkat omega-3 dalam minyak ini juga relatif lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan minyak nabati lainnya. Menurut ahli diet yang terdaftar, Keri Gans, "Idealnya, yang terbaik adalah mencari minyak dengan rasio yang lebih baik dari omega-3 hingga omega-6, seperti kenari, kanola dan biji rami," katanya .

4. Minyak kenari

Minyak kenari. (Olivino Tasting Bar)

Sama seperti opsi sebelumnya, minyak kenari juga dapat memberikan rasio omega-3 hingga omega-6 yang baik. Sertakan dalam masakanmu untuk meningkatkan nutrisi karena minyak ini mengandung selenium, fosfor, magnesium, seng, zat besi dan kalsium.

Minyak kenari juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan menjaga arteri dan juga disarankan untuk orang yang menderita penyakit eksim.

5. Minyak biji rami

Menurut Mayo Clinic, minyak biji rami dapat membantu mengelola diabetes dan membantu mengendalikan kadar kolesterol.

"Karena minyak lebih kental daripada biji rami utuh, minyak ini memberikan manfaat omega-3 yang lebih besar," kata Gans. "Minyak biji rami juga merupakan pilihan bagus bagi individu yang menderita tekanan darah tinggi, dan penelitian menunjukkan bahwa suplementasi dengan minyak biji rami setiap hari dapat menurunkan tekanan darah dan memiliki efek kardioprotektif."

Nah, itu tadi 5 minyak yang bermanfaat bagi tubuhmu. Sudahkah kamu memilikinya?

BACA SELANJUTNYA

Sering Dilakukan Tanpa Sadar, 3 Kebiasaan Picu Penyakit Kronis dan Obesitas