Rabu, 03 Juni 2020
Rauhanda Riyantama : Selasa, 17 Juli 2018 | 20:37 WIB

Himedik.com - Menelan obat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bahkan, banyak yang melakukannya tanpa merisaukan apakah hal itu berbahaya atau tidak. Misalnya dilakukan dengan memakan buah-buahan terlebih dahulu, kemudian menyelipkan obat untuk ditelah bersamaan. Bahkan, ada yang dilakukan dengan cara minum teh manis hangat, atau jus buah.

Nampaknya, urutan paling akhir menjadi favorit kebanyakn orang. Menyiapkan jus kesukaan, lantas dijadikan pendorong obat.

Alih-alih untuk membantu menghilangkan rasa pahit, sekaligus menambah kesegaran  tubuh. Padahal, cara tadi tak sepenuhnya benar. Malahan bakal memberikan dampak buruk terhadap tubuh Anda. 

Jurnal Consumer Reports menyebutkan, bahwa minum jus sambil mengonsumsi obat, atau minum obat dibantu jus akan mempengaruhi cara kerja pengobatan dengan cara ditelan itu.

Berdasarkan penelitian beberapa pakar, lebih dari 40 obat bisa mendatangkan efek buruk jika dikonsumsi bersamaan jus tertentu. Dalam hal ini jus anggur, apel, dan jeruk.

Pengaruh jus anggur bakal terasakan dalam hal pengobatan medis untuk darah tinggi. Sementara jus apel dan jus jeruk tidak disarankan untuk dikonsumsi bersama obat. Pasalnya, kedua jus itu bakal memblokir kinerja obat dalam tubuh, bahkan mempertinggi dosis obat dengan konsekuensi over-dosis yang berbahaya terhadap kesehatan.

Dalam penelitian terbaru ini, tim peneliti mengamati peserta sehat yang mengonsumsi obat fexofenadine atau obat anti alergi dibarengi air putih, jus anggur, jus apel, dan jus jeruk.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa obat yang dikonsumsi tidak bekerja sepenuhnya. Bahkan saat diminum bersama jus anggur, obat tidak memberikan efek apa-apa terhadap tubuh peserta.

Selain obat alergi, Anda juga dilarang mengonsumsi obat menoterapi, antibiotik, atau beta-blocker bersamaan dengan jus apel, jus jeruk, dan jus anggur.

Sementara itu, jika Anda ingin meminum obat bersamaan dengan jus cranberry, efek yang ditimbulkan adalah peningkatan efek pengenceran darah yang disebut warfarin. Kondisi ini berbahaya karena bisa memicu pendarahan.

Jadi, pilih cara paling aman alias tidak berbahaya untuk minum obat. Yaitu, cukup dibantu air putih saja.

Suara.com/Risna Halidi

Artikel ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul: Berbahaya! Minum Obat Dibantu Jus Buah