Selasa, 30 April 2024
Rauhanda Riyantama : Jum'at, 13 Juli 2018 | 13:17 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Terkadang sesuatu hal yang berbau malas cenderung dikonotasikan buruk. Namun, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa bahwa orang dengan tingkat kecerdasan (IQ) tinggi cenderung pemalas. Dan ciri lain orang cerdas itu tidurnya larut malam.

Soal orang cerdas tidur larut malam  juga buah dari penelitian. Rupanya kecerdasan bisa dilihat melalui kebiasaan tidur seseorang. Orang kreatif dan cerdas memiliki kebiasaan tidur yang unik. 

Sebuah penelitian terkini yang dilakukan para pakar dari University of Southampton, Inggris, menjaring responden sebanyak 1.229 orang.  Hasilnya, orang yang memiliki IQ tinggi biasanya tidur larut setelah pukul 23.00 dan bangun setelah pukul 08.00. Jelaslah, kebiasaan tidur berhubungan langsung dengan masa depan seseorang. 

"Ini bersifat biologis, bahwa orang dengan IQ tinggi cenderung memiliki kebiasaan nocturnal atau terjaga di malam hari. Hal ini berlaku baik pada anak kecil maupun orang dewasa," ungkap hasil penelitian itu.

Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti memberi pertanyaan seputar kebiasaan tidur para responden. Lalu mereka diberi tes untuk mengukur tingkat kreativitas dengan mengembangkan sebuah gambar yang telah tersedia.

Hasilnya para partisipan dengan kebiasaan tidur larut memiliki tingkat kreativitas lebih tinggi dari partisipan yang tidur tepat waktu.

"Orang yang tidur larut biasanya memiliki banyak ide segar setelah matahari terbenam. Hal ini membuat mereka lebih kreatif dan cerdas," demikian kesimpulan pakar.

Ditambahkan, orang yang mampu mengontrol ritme sirkadian tubuh mereka merupakan orang yang kreatif. Mereka memiliki banyak ide untuk mengubah sesuatu menjadi bernilai guna.

Jadi jangan berkecil hati jika Anda cenderung senang begadang dan bangun kesiangan ya! Orang cerdas tidur larut malam.

Suara.com/Firsta Nodia

Artikel ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul: Orang Cerdas Tidur Larut Malam

BACA SELANJUTNYA

5 Penyebab Badan Sakit saat Bangun Tidur, Tak Cuma Salah Posisi