Kamis, 28 Maret 2024
Vika Widiastuti | Yuliana Sere : Senin, 18 Februari 2019 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Gigi bayi akan tumbuh ketika dia berusia sekitar 6 bulan, namun beberapa bayi bahkan bisa lebih cepat dari itu yakni di usia 4 bulan.

Lalu bagaimana dengan bayi yang baru lahir namun sudah memiliki gigi?

Melansir dari mirror, kejadian langka ini terjadi di Inggris. Bethany Green tak menyangka bahwa buah hatinya sudah memiliki gigi susu.

Green mengatakan, "Dia dilahirkan dengan gigi sedikit keluar dan sekarang sudah empat minggu, giginya benar-benar telah nampak."

Little Avery yang saat ini berusia empat bulan dilahirkan di Rumah Sakit Blackpool Victoria pada 16 Januari dengan berat 2,9 kg.

Avery juga sudah mulai mendapatkan konsultasi dari dokter gigi. Ia pun ditetapkan menjadi pasien termuda di Genix Healthcare Dental Clinic di Blackpool, Lancs, Inggris.

Ilustrasi. (Pixabay/joffi)

Dia dijadwalkan melakukan pemeriksaan pertamanya di minggu ini untuk memeriksa gigi susunya serta menentukan perawatan yang harus diambilnya.

Kejadian bayi lahir dengan satu gigi atau gigi natal ini diperkirakan hanya satu dari setiap 2000 bayi yang lahir.

Green yang bekerja sebagai seorang pelayan juga telah memutuskan untuk memberikan susu botol kepada anaknya. "Dia bayi yang pendiam. Dia hanya menangis ketika dia lapar. Dia tidur hampir sepanjang hari," tuturnya.

'Aku sudah melakukan pekerjaan rumah dan hanya bisa pergi dalam minggu ini. Minggu ini ayah dan ibuku menjaganya agar aku benar-benar bisa mengerjakan esaiku. Mereka mencintainya. Mereka sangat bangga. Semua orang berkomentar tentang itu karena mereka belum pernah melihatnya sebelumnya," tambahnya.

Ilustrasi. (pixabay/PublicDomainPictures)

Profesor Richard Welbury, konsultan dalam kedokteran gigi anak di UCLAN mengatakan, "Dalam kedokteran gigi anak, cukup umum bagi kita untuk melihat anak yang lahir dengan gigi.

'Mungkin ada lebih dari satu, namun saya belum pernah lihat dua sekaligus. Kami melakukan semua yang kami bisa untuk menjaga dan membantu gigi itu tumbuh seperti gigi biasa.

'Ada tiga alasan kenapa kami ingin mencabut giginya, yang pertama itu bisa membahayakan jalan napas bayi. Gigi bisa saja terlepas dan masuk ke paru-paru bayi.

'Kedua, gigi bisa mengalami ulserasi di bagian bawah lidah bayi dan ketiga adalah bisa menyakitkan sang ibu saat menyusui," tutupnya.

BACA SELANJUTNYA

Jokowi Angkat Bicara soal Bayi Dicecoki Kopi Sachet, Sentil Posyandu dan BKKBN