Selasa, 30 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Rabu, 19 September 2018 | 20:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Pemilihan warna dalam pembuatan logo atau hal semacamnya biasanya didasarkan pada kegunaannya. Misalnya warna merah pada beragam simbol jalan yang menandakan larangan atau imbauan agar pengendara berhati-hati.

Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata pemilihan warna juga bisa menggambarkan emosi anak?

Pada dasarnya anak-anak suka dengan hal yang memiliki banyak warna. Tak heran jika anak lebih suka belajar menggambar daripada membaca, berhitung, atau hal lainnya.

Department of Child Development California State University di Amerika Serikat telah meneliti guna mengetahui sejauh mana kaitan warna dengan emosi anak. Sampel penelitian sebanyak 30 anak perempuan dan 30 anak laki-laki.

Pada penelitian tersebut anak-anak ditanyai warna apa kesukaannya. Lalu mereka juga ditunjukkan sembilan warna berbeda secara acak satu per satu.

Selanjutnya anak-anak ditanya mengenai perasaannya setelah melihat warna, dan hasilnya semua anak bisa memberikan respons emosi setelah melihat warna secara verbal bahkan sebanyak 69 persen dari respons bernilai emosi positif.

Ilustrasi anak bermain warna. (depositphotos)

Yang artinya anak-anak cenderung memilih warna yang memberikan efek positif (warna terang) seperti biru, kuning, hijau, dan warna terang lain.

Selain menunjukkan emosi, warna juga bisa digunakan sebagai terapi. Contohnya ketika anak sedang marah atau kesal, maka disarankan untuk membawanya melihat ke lingkungan atau benda yang berwarna hijau atau biru supaya anak lebih tenang.

Adanya kaitan warna dan emosi tentunya memudahkan anak dalam mengutarakan perasaannya. Orangtua bisa membantu anak mengidentifikasi jenis perasaan dan emosi yang selanjutnya dituangkan dalam bentuk warna. Sehingga komunikasi antara anak dan orangtua dapat berjalan lebih lancar.

BACA SELANJUTNYA

Waspadai Setiap Perubahan Tekstur dan Warna Kuku, BIsa Jadi Tanda Kanker!