Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Kamis, 13 September 2018 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Dalam masa tumbuh kembang, anak harus aktif bergerak agar tubuhnya tetap sehat. Seperti kegiatan olahraga juga sebaiknya ditanamakan dalam diri anak sedari kecil.

Supaya di kemudian hari tubuhnya tidak mudah terserang penyakit serta ketika dewasa terbiasa untuk melakukan olahraga. Nah, sebenarnya apa saja sih olahraga yang bisa dipilih anak?

1. Bersepeda

Bersepeda tak hanya bermanfaat bagi kesehatan si kecil. Namun dengan bersepeda juga bisa membantu si kecil mengenal lingkungan sekitar (misal tempat dia bersepeda).

Bersepeda yang dilakukan secara rutin akan membuat keseimbangan dan koordinasi tubuh menjadi lebih baik, meningkatkan kekuatan kaki, serta menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

Ilustrasi anak bersepeda. (iStock)

2. Berenang

Kegiatan berenang tentunya sangat cocok dilakukan ketika dalam waktu yang bersamaan anak juga ingin liburan. Selain bisa menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung, berenang juga bisa menumbuhkan sikap berani dan disiplin pada anak.

Ilustrasi anak berenang. (iStock)

Bahkan menurut penuturan dr. Dyah Novita Anggraini, sebuah penelitian selama tiga tahun yang dilakukan di Australia mendapatkan hasil bahwa anak yang belajar berenang di usia dini memiliki nilai yang tinggi pada tes bakat.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa berenang bisa meningkatkan kecerdasan anak.

3. Sepak bola

Ilustrasi anak sepak bola. (logia.be)


Sama halnya seperti bersepeda, sepak bola juga bisa melatih sikap sosial anak. Sedangkan dari segi kesehatan, sepak bola membantu otot menjadi lebih kuat, menjaga badan tetap ideal, serta keseimbangan terjaga dengan baik.

Bunda, jangan takut jika anak ingin bermain di luar ruangan. Selama aktivitas yang dilakukan anak bermanfaat seperti olahraga maka tidak ada salahnya memberikan kepercayaan padanya. Toh, itu juga demi kebaikan anak bukan?

BACA SELANJUTNYA

Pelatih Pribadi Bagi Tips Agar Bisa Tetap Berolahraga Selama Ramadhan